Pengertian Grafika Komputer
Sebelumnya,
kita perlu mengetahui, apa sih Grafika Komputer itu?
Grafika
Komputer merupakan bagian dari ilmu
komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara
digital.Grafika komputer adalah disiplin ilmu yang menghasilkan picture
atau image dengan menggunakan komputer telah secara luas
digunakan. Perkembangan grafika komputer dapat dibagi menjadi 4 fase,
yaitu:
- Fase Pertama, tahun 50an
Merupakan
era grafika komputer interaktif. Pada mulanya perkembangan grafika komputer
interaktif tidak terlalu cepat karena teknologi dan harga komputer yang mahal.Pada tahun 50an MIT mengembangkan komputer
whirlwind dengan tabung sinar katode. Komputer ini mampu memaparkan grafik
pasif yang digunakan untuk keperluan pertahanan. Akhir tahun 50an banyak orang
menggunakan pena cahaya sebagai alat input,selain itu pada periode yang sama
alat pemrograman otomatis telah berhasil dibuat. Komputer grafik interaktif
mulai diteliti oleh general motor pada tahun 1959.
- Fase Kedua, dekade 60an
Merupakan zaman penelitian /riset
grafika komputer interaktif. Saat ini grafika interaktifmoderen berhasil
ditemukan oleh Ivan Sutherland dengan sistem penggambaran SKETCHPAD. Beliau
juga menggambarkan teknik interaktif dengan sarana keyboard dan pena cahaya.
Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek
fisik.
- Fase Ketiga pada dekade 70an
Saat ini sektor industri,
pemerintahan dan ilmuan mulai sadar akan pentingnya grafika
komputer interaktif untuk memperbaiki kualitas desain produk secara
cepat dan mudah.
- Fase keempat, dekade 80an
Pada
masa ini grafika komputer berkembang pesat. Banyak orang berlomba untuk
menemukan teori dan algoritma baru, penelitian dekade ini bertumpu pada
penggabungan dan pengotomatisasian sebagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modeling) hal ini berguna untuk industri masa
depan.
Pembagian Grafika Komputer
Berikut
ini adalah pembagian bidang dalam Grafika Komputer :
·
Geometri : mempelajari cara
menggambarkan permukaan bidang
·
Animasi : mempelajari cara
menggambarkan dan memanipulasi gerakan
·
Rendering : mempelajari algoritma
untuk menampilkan efek cahaya
·
Citra (Imaging) : mempelajari cara
pengambilan dan penyuntingan gambar
Sejarah Perkembangan Komputer
Grafik di era 1960 – 2000
- Awal tahun 60-an dimulainya
model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik.
- 1961: Edward Zajac menyajikan
suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer.
- 1963 : ditermukan Sutherland
(MIT), Sketchpad (manipulasi langsung, CAD), Alat untuk menampilkan
Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas Englebert
- 1968 : ditemukan Evans &
Sutherland.
- 1969 : Journal SIGGRAPH pertama
kali diterbitkan
- 1970: Pierre B´eezier
mengembangkan kurva B´eezier.
- 1971: ditemukan Gouraud Shading
- 1972: ditayangkannya
filmWestworld, sebagai film pertama yang, menggunakan animasi komputer.
- 1974: Ed Catmull mengembangkan
z-buffer (Utah). Komputer animasi pendek, Hunger:Keyframe animation and
morphing
- 1976: Jim Blinn mengembangkan
texture dan bump mapping.
- 1977: Film terkenal Star Wars
menggunakan grafik komputer
- 1979: Turner Whitted
mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
- Pertengahan tahun 70-an hingga
80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity sebagai main-stream
aplikasi realtime.
- 1982: Pengembangan teknologi
grafik komputer untuk menampilkan partikel.
- 1984: Grafik Komputer digunakan
untuk menggantikan model fisik pada film The Last Star Fighter.
- 1986: Pertama kalinya Film
hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi dalam Academy
Award: Luxo Jr. (Pixar).
- 1989: Film Tin Toy (Pixar)
memenangkan Academy Award.
- 1995: Diproduksi fillm Toy
Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama
- Akhir tahun 90-an, ditemukannya
teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran,
artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll.
- Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk
real-time photorealistic rendering.
Aplikasi Grafika Komputer
dalam kehidupan sehari-hari
Lalu, apa saja
aplikasi Grafika Komputer dalam kehidupan sehari-hari? Banyak sekali aplikasi
atau penerapan grafika komputer dalam kehidupan sehari-hari. Saya akan
menjabarkan kegunaan grafika komputer dalam berbagai bidang kehidupan.
·
Bidang Pendidikan
Dalam bidang pendidikan, kita
biasa menggunakan grafika komputer untuk keperluan presentasi, entah itu
menggunakan power point, prezi, atau yang lain. Untuk menampilkan data-data
angka, supaya mudah dianalisa, kita menggunakan diagram (chart). Ini juga
merupakan salah satu penerapan dari grafika komputer.
·
Bidang Hiburan
Penerapan dalam bidang hiburan
adalah pada pembuatan film, acara televisi, dan video musik. Misalnya pada
pembuatan film, grafika komputer berperan dalam pembuatan efek animasi.
Terkadang juga untuk menggabungkan aktor dunia nyata dengan obyek grafis.
·
Computer Art
Computer Art adalah penggunaan
grafika komputer untuk menghasilkan karya-karya seni. Hasilnya dapat berupa
kartun, lukisan, foto, poster, logo, dan lain-lain. Contoh aplikasi yang
digunakan : Adobe Photoshop, Corel Draw, Inkscape, GIMP, dan lain-lain.
·
Computer-Aided Design (CAD)
CAD digunakan untuk analisis dan
desain, umumnya di engineering dan arsitektur. Misalnya untuk desain pesawat terbang,
rumah, kapal, mobil, dan lain-lain.
·
Computer-Aided Software Engineering (CASE)
CASE mirip seperti CAD, hanya
saja CASE digunakan dalam bidang software engineering. CASE digunakan dalam
memodelkan basis data, workflow, struktur program, dan lain-lain.
·
Simulasi
Contoh penerapan grafika komputer
dalam simulasi adalah simulator training pilot, simulator training operator
alat berat, simulator training air traffic control, network simulator, dan
lain-lain. Simulator membantu user untuk belajar mengendalikan misalnya pesawat
terbang.
·
Video Game
Grafika Komputer juga diterapkan
dalam video game. Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan
user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat
video.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar